Top Stories

\
» » Longsor Terjadi di 5 Wilayah di Bogor, 1 Tewas dan Belasan Rumah Rusak

Longsor Terjadi di 5 Wilayah di Bogor, 1 Tewas dan Belasan Rumah Rusak

Penulis By on Jumat, 26 Desember 2014 | No comments

Bogor - Hujan deras yang terus mengguyur kawasan Kota dan Kabupaten Bogor sejak Jum'at (26/12/2014) sore hingga malam, mengakibatkan bencana longsor terjadi di 5 (lima) titik berbeda di Kabupaten Bogor.

Pada Jum'at sore, longsor terjadi di Jalan Raya Puncak, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Di lokasi ini, tebing setinggi sekitar 3 meter ambrol dan mengakibatkan arus lalulintas di jalur Puncak macet total, karena longsoran tanah sempat menutup jalan raya.

Pada saat yang nyaris bersamaan, longsor juga terjadi di Kampung Caringin, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Tebing setinggi sekitar 10 meter ini tiba-tiba ambrol saat di lokasi tengah di guyur hujan deras. Tiga rumah milik Pipih (50), Daud (55) dan Ajid (60), yang berada di bawah tebing, ikut ambruk tertimpa longsoran.

Dalam kejadian itu, Ny Uha (70), orang tua Pipih, tewas tertimbun tanah dan material rumah karena tidak sempat menyelamatkan diri. Sementara seorang warga lainnya mengalami luka-luka. Tubuh Ny Uha berhasil diangkat dari reruntuhan puing bangunan rumah dan tanah, setelah sempat tertimbun selama 2 jam.

"Korban meninggal setelah tertimbun karung, yang digunakan untuk menahan tebing di belakang rumahnya," kata Kepala Seksi (Kasi) Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Aksomo.

Hujan deras yang terus melanda hampir seluruh wilayah Kabupaten Bogor, juga mengakibatkan longsornya tebing di Desa Lembah Duhur, Kecamatan Caringin. Di lokasi ini, dua rumah rusak tertimbun material longsor. Sementara dua lokasi longsor lainnya berada di Desa Srogol dan Desa Ciburui, Kecamatan Cigombong, Bogor dan mengakibatkan 7 rumah rusak berat dan 8 orang lainnya mengalami luka-luka.

Budi mengatakan, saat ini seluruh anggota BPBD dan Tim Reaksi Cepat Kabupaten Bogor telah disebar ke titik-titik lokasi longsor untuk melakukan penanganan. "Anggota sudah menyebar ke lokasi-lokasi longsor. Kita siagakan malam ini untuk melakukan penanganan dan mengirim bantuan," kata Budi Aksomo.
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya